border=

Wawali Malang Serukan Gerakan Tanam Pohon Sebagai Budaya

Wawali Malang Serukan Gerakan Tanam Pohon Sebagai Budaya
(Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko, turut dalam kegiatan penanaman pohon sukun di TPU Nasrani Sukun, Jumat (10/1). Image : Ist/Pomidor)
Pomidor.id – Pemerintah kota (Pemkot) Malang terus menggalakkan gerakan Sedekah Oksigen. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sukun Nasrani. Ratusan pohon Sukun ditanam di pemakaman yang berada persis di belakang SPBU Sukun Jalan Slamet Supriadi.

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko, menjelaskan gerakan Sedekah Oksigen merupakan sebuah gerakan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) khususnya yang menangani pemakaman, agar setiap warga yang meninggal, saudaranya bisa menyumbangkan satu pohon untuk ditanam. Wawali berharap gerakan tanam pohon ini bisa menjadi budaya di masyarakat.

“Jadi kalau ada keluarga yang meninggal, saudaranya bisa sedekah satu pohon untuk dintanam di kawasan pemakaman,” ujarnya usai menghadiri Gerakan Sedekah Oksigen di TPU Sukun Nasrani, Jumat (10/1).

Muat Lebih

 border=

Kegiatan ini mendapat respon positif masyarakat. Wawali turut melakukan penanaman ratusan pohon sukun di TPU Nasrani Sukun.

Baca Juga : Menanam Triliunan Pohon Cara Terbaik Melawan Perubahan Iklim

Menurut Sofyan Edi, gerakan bersama dibidang apapun harus dengan tujuan yang jelas. Contoh gerakan Sedekah Oksigen yang bertujuan untuk membiasakan masyarakat supaya gemar menanam.

“Kalau kebiasaan menanam ini dilakukan terus menerus maka akan jadi budaya masyarakat Malang,. Dan kalau itu dilakukan dalam waktu dekade yang cukup panjang maka akan menjadi sebuah peradaban,” terangnya.

Oleh karenanya, lanjutnya, gerakan tanam pohon ini perlu dukungan dari seluruh komponen masyarakat, termasuk dari kalangan media.

Baca Juga : Polusi Udara Lama-lama Bikin Orang Jadi Telmi

Disampaikan Sofyan Edy, atas nama Pemkot Malang menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat, termasuk aparat kepolisian dan TNI, komunitas, kalangan pelajar karena telah turut serta memberikan andil dalam kelestarian bumi melalui gerakan tersebut.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan, atau bisa juga di contoh oleh perguruan tinggi. Misalnya seorang rektor membuat kebijakan agar setiap mahasiswa yang kuliah di kota Malang agar bisa menanan satu pohon. Begitu juga dengan mahasiswa yang sudah lulus kuliah bisa bersedekah dengan menanam satu pohon,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan